Menyelami hukum sudah menjadi cita-cita Andreas Hijrah Airudin. Obsrsi menyandang gelar advokat, lahir ketika Andreas menjabat sebagai pengurus cabang DPC Partai Demi Sejahtera Kota Semarang periode 2004-2009.

Menurutnya, politik dan hukum seperti telur dan ayam. Keduanya berkaitan. “Karena hukum merupakan produk dari politik. Jadi ada keinginan mendalami ilmu hukum. Kebetulan, banyak teman-teman partai yang juga advokat,” tutur lawyer yang kini berada di bawah naungan Law Firm Yosep Parera ini.

Pria kelahiran Magelang, 13 September 1970 ini pun memutuskan melalap ilmu di Fakultas Humum Universitas Wahid Hasyim Semarang. Setelah lulus, 2010 silam, dia langsung mecoba mengimplementasikan jurus-jurus hukum yang pernah dipelajarinya.

Meski begitu, bapak dari Fidelis Raymond Jose Airudin ini mengakui, belajar hukum bukan hanya bangku kuliah. Saat menengani kasus atau memberikan pendampingan hukum, juga bagian dari pembelajaran.

“Yang menarik dari hukum, harus terus belajar. Misalnya, seperti belakangan sedang menangani dugaan korupsi dana BOS di Kota Semarang. Harus belajar dulu, BOS itu apa. Bagaimana penyalurannya, peruntukkannya, pencairannya, dan lain sebagainya. Ini kan secara tidak langsung, harus belajar lagi,” paparnya.

Karena merasa harus terus belajar, penghobi musik dan buku ini melanjutkan kuliah S2 di Universitas 17 Agustus Semarang.

Jadi Konsultan Politik
Meski sudah lama meninggalkan dunia politik dan fokus menyelami ilmu hukum, Andreas masih sering dicurhati para politikus. Pada Pileg 2019 kemarin, dia menjadi konsultan caleg DPRD Kota Semarang. Tidak tanggung-tanggung, tiga caleg dari berbagai parpol, selalu berkonsultasi dengannya.

“Sebenarnya sudah tidak begitu tertarik dunia politik. Tapi kalau ada yang ngajak sharing, saya coba berikan pendapat. Kemarin ada tiga caleg yang berkonsultasi. Ya saya jawab sesuai pengetahuan saya saja,” terangnya. (ajie mahendra)

BioAndreas
Nama lengkap: Andreas Hijrah Airudin
Lahir: Magelang, 13 September 1970
Pendidikan: S1 Fakultas Hukum Universitas Wahid Hasyim Semarang; semester akhir S2 Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus Semarang.
Hobi: Baca buku; musik
Anak: Fidelis Raymond Jose Airudin
Organisasi: Aktivis Gereja di Karang Panas Semarang sejak 2007

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here