FOTO: AJIE MH
Alexandros Parera (tengah) ketika menerima trofi dan uang pembinaan karena lolos menuju OSN tingkat nasional, Jumat (28/6/2019).

SEMARANG – Alexandros Hastungkan Parera, siswa SD Pangudi Luhur Bernadus 2 Kota Semarang bakal maju di Olimpiade Sains Nasional (OSN) mewakili Jawa Tengah (Jateng).

Andros, sapaan akrabnya, terpilih setelah melewati serangkaian seleksi beberapa waktu lalu. Mulai dari seleksi antarsekolah, tingkat kabupaten/kota, hingga provinsi.

Di tingkat provinsi, siswa SD Pangudi Luhur Bernadus 2 Kota Semarang ini masuk tiga besar dari lima siswa yang terpilih. Dia maju di mata pelajaran IPA.

Putra pasangan Pendiri Rumah Pancasila dan Klinik Hukum Yosep Parera dan Dewan Penasihat Rumah Pancasila dan Klinik Hukum, Ignatia Sulistya Hartanti ini digadang-gadang mampu membawa medali emas pada ajang OSN yang digelar 30 Juni-6 Juli 2019 di Yogyakarta dan Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Jumeri menuturkan tahun ini Jateng membidik gelar juara umum meski tahun sebelumnya tidak masuk dalam daftar 3 besar.

“Kami optimistis bisa juara umum. Siswa dari Jateng tahun ini sangat berkualitas. Apalagi, kontingen Jateng juga paling banyak,” tuturnya dalam Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen OSN Jateng di kantor Disdikbud Jateng, Jalan Pemuda Semarang, Jumat (28/6/2019) sore.

Pada OSN 2019 ini, Jateng berhasil meloloskan 94 siswa, terinci; 10 siswa SD (5 matematika, 5 IPA), 23 siswa SMP (7 matematika, 8 IPA, 8 IPS), dan 61 siswa SMA (8 matematika, 8 fisika, 6 kimia, 5 komputer, 8 biologi, 6 astronomi, 8 ekonomi, 6 kebumian, 7 geografi).

“Sepertinya lawan terberat dari DKI. Selain tuan rumah, tahun lalu bisa pertahankan juara umum. Semoga Jateng bisa merebutnya,” harapnya.

Dia pun berpesan kepada seluruh siswa untuk tidak minder. Belajar pun tidak boleh ditinggalkan saat menginap di Yogyakarta.

“Ndredeg boleh, asal jangan minder. Ndredeg itu biasa kalau pas grogi ikut lomba,” pesannya. (ajie mahendra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here