FOTO RUMPAN.ID/EKA SETIAWAN
Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi (enam dari kiri) menerima deklarasi Advokat Jawa Tengah Pembela #01 di Hotel Patra Semarang, Sabtu (23/3/2019).

SEMARANG – Sekira dua ratusan advokat dari Jawa Tengah (Jateng) berikrar untuk memenangkan Joko Widodo – Ma’ruf Amin dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang. Deklarasinya bertajuk Advokat Jateng Pembela #01, digelar di Ballroom Ramayana, Hotel Patra, Kota Semarang, Sabtu (23/3/2019).

Alasan ratusan advokat mendukung pasangan calon (paslon) 01 itu karena Jokowi dinilai sebagai pemimpin yang rendah hati dan selalu mendukung kebenaran.

“Kecintaan advokat Jateng kepada Jokowi adalah karena cinta dari Jokowi sendiri kepada masyarakat yang benar-benar nyata, dapat dilihat dengan pembangunan-pembangunan yang cepat untuk bangsa Indonesia,” kata koordinator kegiatan itu, John Richard Latuihamallo.

Selain itu, dari kacamata hukum, John berargumen, penegakan hukum di kepemimpinan Jokowi di periode 2014 – 2019 dinilai lebih tegas.  

“Banyak korupsi dibasmi, meski masih ada beberapa oknum penegak hukum yang berbuat curang hingga korupsi masih saja ada di bumi Indonesia,” lanjutnya.

Wakil Koordinator Deklarasi itu, Theodorus Yosep Parera, menyebut Jokowi merupakan sosok yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia.  

“Kebijakan yang dibuatnya merupakan representasi dari sikap Pancasila, karena mengutamakan persatuan dan kesejahteraan rakyat. Pembangunan-pembangunan sarana untuk bersatu, dibangun secara nyata oleh Jokowi,” ungkap Yosep.

Pendiri Rumah Pancasila dan Klinik Hukum itu berargumen, jika Jokowi kembali terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia, maka kinerjanya akan lebih terlihat.

“Pada periode pertama, kami melihat Jokowi sudah mempelajari karakter dan permasalahan masyarakatnya,” lanjutnya.

Wakil Koordinator Advokat Jawa Tengah Pembela #01, Theodorus Yosep Parera, saat memberikan orasi.

Kekuatan Baru

Sementara itu, anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf Amin, Bona Ventura, merasa punya kekuatan baru ketika menghadiri deklarasi tersebut.  

Menurutnya, dukungan yang diberikan para advokat ini akan memperkuat sisi hukum TKN dalam upaya pemenangan paslon Jokowi – Ma’ruf.

Dia meminta Advokat Jateng Pembela #01 bisa bersinergi dengan TKN dan Tim Kampanye Daerah (TKD) Jateng, untuk mengantarkan Jokowi- Ma’ruf memimpin Indonesia periode 2019-2024 mendatang.

“Jangan berhenti sampai deklarasi saja. Kami berharap ada forum lanjutan agar kemenangan bisa terwujud. Buktikan kalau Jateng benar-benar benteng dan rumah besar kaum nasionalis,” terangnya.

Dia juga berharap, para advokat yang menyatakan diri mendukung Jokowi, bisa mendampingi TKN terkait pendampingan hukum.

“Ini penting karena biasanya ada masalah hukum yang harus diselesaikan sebelum dan sesudah pemilihan,” imbuhnya.

Deklarasi itu juga dihadiri Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi. Dia datang menggunakan baju putih.

Kehadirannya tidak memberikan sambutan di podium. Dia hanya berdiri ditengah para advokat dan ikut mengucapkan deklarasi mendukung Jokowi-Amin.

Kepada awak media, orang nomor satu di Semarang ini mengaku, dukungan para advokat di Jateng ini tidak ada unsur kontrak politik.

“Advokat itu kan idependen, nonpartisan. Tidak mau didikte kelompok manapun. Kalau hari ini mereka deklarasi mendukung 01, itu pasti murni dari hati nurani mereka,” terangnya.

Dengan tambahan dukungan dari para advokat, dia makin optimistis bisa memenuhi target suara 75 persen untuk Jokowi-Amin di Jateng.

“Ini jadi amunisi dan semangat untuk memenangkan Jokowi,” tandasnya. (Ajie Mahendra/Sutrisno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here