SUMBER FOTO: Dokumen FH UPN Veteran Jawa Timur
Para dosen  Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional  Veteran Jawa Timur berfoto bersama masyarakat Desa Jogomerto, Kabupaten Nganjuk, dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (19/08/2019)

SEMARANG – Fakultas Hukum (FH) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur melakukan kegiatan penyuluhan hukum dengan melibatkan masyarakat Desa Jogomerto, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Pada program ini perguruan tinggi harus terjun, dan turut serta andil langsung bersama masyarakat untuk mengetahui permasalahan hukum di suatu daerah apa yang tengah dihadapi masyarakat guna mencari solusi terbaiknya,” ungkap Wiwin yulianingsih,S.H,M.Kn  selaku dosen FH UPN Veteran Jawa Timur kepada tim rumpan.id pada jumat, (30/08/2019) melalui keterangan tertulis.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegiatan ini sekaligus upaya kolaborasi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai mitra dalam upaya pengembangan dan penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut.

Pihaknya juga berpendapat bahwa langkah ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Sebab, tujuan dari pengabdian masyarakat ini harus berorientasi pada usaha pemecahan masalah yang tengah dihadapi masyarakat, serta berupaya untuk membina Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Kebetulan pada penyuluhan hukum kali ini, kami mengangkat tema bantuan hukum terkait dengan penanganan sengketa lahan, karena hal inilah yang kami rasa dibutuhkan oleh masyarakat di Desa Jogomerto ini” lanjutnya.

Masih disampaikan oleh Wiwin bahwa acara ini terselenggara pada Senin, 19 Agustus 2019 lalu. Untuk kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Balai Desa Jogomerto, yang juga dihadiri oleh Kepala Desa beserta perangkat desa serta perwakilan dari masyarakat Desa Jogomerto.

Adapun dosen yang turut serta dalam program ini adalah Wiwin Yulianingsih, Waluyo, dan Aldira Mara Ditta, dengan dibantu oleh dua mahasiswa yaitu Veren Chelsya dan Handa Lesmana.

Dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan dapat menumbuhkan serta meningkatkan kepekaan civitas academika terhadap masalah-masalah yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

Selain itu, dengan melakukan pengabdian masyarakat dapat mempercepat upaya pengembangan masyarakat ke arah terbinanya masyarakat yang dinamis, demi terwujudnya masyarakat yang siap menempuh perubahan-perubahan menuju perbaikan dan kemajuan sesuai dengan nilai-nilai sosial yang berlaku.

Pada kegiatan ini juga, tim FH UPN Veteran Jawa Timur berkesempatan untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat Desa Jogomerto dalam bentuk sosialisasi dan diskusi publik mengenai pendaftaran hak atas tanah dan pelatihan pembuatan peraturan desa dan pembuatan perjanjian.

“Tampak masyarakat desa menyambut antusias kegiatan ini. Kepala Desa Jogomerto juga berharap, kegiatan ini bisa berkelanjutan dan menjadi kerjasama yang baik antara universitas dengan masyarakat,” pungkasnya.(erna virnia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here