Pancasila adalah nilai-nilai luhur dari bangsa Indonesia yang digali dan dirumuskan oleh Sukarno dan panitia sembilan untuk selanjutnya dijadikan dasar negara Indonesia.

Pancasila melintas zaman, sebab nilai-nilai luhurnya tetap relevan meski generasi terus berubah.

Pada era milenial yang lekat dengan media sosial, Pancasila dihadapkan dengan berbagai kompleksitasnya. Media sosial bisa jadi pisau bermata dua. Akan menjadi berbahaya jika konten-konten yang dimunculkan malah kontraproduktif. Itu bisa melunturkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda.

Namun sebaliknya, jika masyarakat luas gotong royong terus menyebarkan nilai-nilai luhur Pancasila, termasuk lewat media sosial, tentunya Pancasila akan semakin kuat di rumah Indonesia.  

Apapun generasinya, Pancasila harus tetap dijaga nilai-nilainya. Menjaga Pancasila adalah menjaga Indonesia.

Salah satu cara menjaganya, Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Seminar Nasional bertema Kompleksitas Ideologi Pancasila di Era Milenial, Sabtu (16/3/2019).

Ratusan audiens hadir. Mulai dari anggota Polri, akademisi, masyarakat umum, unsur pemerintah hingga tentunya ratusan mahasiswa yang mewakili para milenial itu.

Pendiri Rumah Pancasila dan Klinik Hukum, Theodorus Yosep Parera tampil sebagai moderator pada seminar yang berlangsung sekira 3 jam itu. Tampil sebagai pembicara; Prof. Mahmud MD selaku Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Muladi selaku Ketua Pembina Yayasan Alumni Universitas Diponegoro Semarang dan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Condro Kirono. (eka setiawan)

Pendiri Rumah Pancasila dan Klinik Hukum, Theodorus Yosep Parera, menerima sertifikat penghargaan dari Rektor Universitas Semarang (USM), Andy Kridasusila,S.E,M.M selepas kegiatan Seminar Nasional bertema Kompleksitas Ideologi Pancasila di Era Milenial yang diselenggarakan di Kampus USM, Kota Semarang, Sabtu (16/3/2019).
Prof. Mahfud MD memberikan materi
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Condro Kirono tampil di podium memaparkan materinya
Pendiri Rumah Pancasila dan Klinik Hukum, Theodorus Yosep Parera, tampil di depan audiens.
Prof. Muladi menerima sertifkat penghargaan
Prof. Mahfud MD bersalam komando ketika menerima penghargaan di dampingi para pembicara dan moderator Seminar Nasional bertema Kompleksitas Ideologi Pancasila di Era Milenial, di Kampus USM, Kota Semarang, Sabtu (16/3/2019).

Foto-Foto: Dokumentasi Rumah Pancasila dan Klinik Hukum Semarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here