Foto Istimewa
Jenazah Karyono Widodo dari RS Bhayangkara Semarang akan dibawa ke TPU Kedungmundu Kota Semarang untuk dimakamkan, Senin (22/6) Sore.

SEMARANG — Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menyebut identitas penyerang Wakapolres Karanganyar pada Minggu (21/6/2020) di Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar, adalah Karyono Widodo.

Dia yang akhirnya meninggal dunia setelah diterjang peluru polisi adalah seorang residivis kasus terorisme yang baru bebas penjara pada Juli 2019.

Identifikasi dari sidik jari jenazah mengkonfirmasi identitas tersebut, selain pihak kepolisian juga mencari pembandingnya dari pihak keluarga yang berada di Madiun, Jawa Timur.

Selain itu, pemakaman jenazah Karyono Widodo juga dilakukan di Semarang atas persetujuan pihak keluarga. 

“Pihak keluarga menyerahkan sepenuhnya masalah pemakaman dan lain-lain ke kami (Polda Jawa Tengah), hari ini kami menerima surat mandat itu dari pihak keluarga almarhum,” ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng Kombes Pol Wihastono Yoga Pranoto, Senin (22/6/2020) di RS. Bhayangkara Semarang.

Pemakaman dilakukan Senin sore ini di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

“Tentu kami akan tetap makamkan secara layak,” tambah Yoga. 

Yoga menyebut, kasus lama Karyono Widodo berkaitan dengan kasus Bom Thamrin dan berafiliasi dengan kelompok radikal pendukung ISIS di Ciamis, Jawa Barat. Pada kasus itu dia divonis 4 tahun penjara, bebas pada 8 Juli 2019 dari Lapas Klas II B Way Kanan Lampung.

Karyono Widodo merupakan pelaku penyerangan saat kegiatan susur Gunung Lawu. Ada 3 orang yang menjadi korban sabetan senjata tajam pelaku, dua diantaranya adalah anggota Polri yaitu Wakapolres Karanganyar Kompol Busroni dan drivernya yakni Bripda Hanif Ariyono. Sementara 1 orang lainnya adalah warga yang menjadi relawan kegiatan itu.

Kegiatan susur Gunung Lawu tersebut dilaksanakan dalam rangka rangkaian kegiatan menyambut HUT Bhayangkara yang diperingati setiap 1 Juli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here