foto: ist.


SURAKARTA – Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Solo Raya R. Djayendra Dewa mengimbau kepada masyarakat Jawa Tengah untuk bersama-sama menjaga kondusivitas wilayah. Salah satunya berkaitan dengan berbagai momentum penting di tahun 2020 ini.

Dia menyebut, momentum pertama adalah di bulan Agustus ini merupakan bulan bersejarah bagi warga Indonesia.

“Bulan Agustus 1945 menjadi puncak perjuangan bagi para pahlawan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan,” kata Djayendra di Solo, Minggu 9 Agustus 2020.

Dia menegaskan, bangsa Indonesia besar bukan tanpa perjuangan, merdeka bukan karena belas kasihan penjajah, tetapi bangsa Indonesia bisa merdeka karena perjuangan yang tak kenal lelah.

“Sebab ini, kita sebagai penerus bangsa harus bisa mengenang dan meneruskan perjuangan para pahlawan,” lanjutnya.  

Selain itu ada momentum kedua di tahun 2020 ini adalah Jawa Tengah akan menyelenggarakan pesta demokrasi di beberapa wilayah kabupaten/kota, khususnya wilayah Solo Raya.  

Dia berharap, dari momentum-momentum tersebut maka masyarakat diharapkan bisa mengambil sesuatu yang positif. Jangan sampai momentum seperti itu dijadikan ajang untuk saling bermusuhan.

Menurutnya, apapun pilihan politik tetap akan bersaudara. Tetap menjaga persatuan dan kesatuan, sebagai manifestasi merayakan kebhinnekaan atau perbedaan.  

“Kita sebagai umat Muslim khususnya Solo Raya sebaiknya tetap menjaga kondusivitas dengan tetap menjaga kerukunan dan tidak bertindak reaktif menghadapi isu-isu atau peristiwa saat ini, karena kita berada dalam negara hukum maka seyogyanya serahkanlah sepenuhnya proses hukum pada pihak berwajib kepolisian,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here