FOTO RUMPAN.ID/EKA SETIAWAN
Kombes Pol Budhi Haryanto melambaikan tangan kepada sejumlah personil Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah, Rabu (17/6/2020), meninggalkan kantor lamanya. Budhi yang sebelumnya menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah hari itu resmi dilantik menjadi Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah.


SEMARANG — Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Budhi Haryanto menyebut kejahatan siber atau di bidang informasi teknologi (ITE) akan jadi salah satu fokus di tugas barunya. Budhi resmi dilantik menjadi Dirreskrimsus Polda Jawa Tengah pada Rabu (17/6/2020) siang.

“Berkaitan dengan kejahatan yang menggunakan ITE, kita akan berkomitmen untuk selalu menyelesaikan perkara itu dengan baik,” ungkap Budhi ketika diwawancarai di Lobi Markas Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Kota Semarang, Rabu, selepas kegiatan serah terima jabatan (sertijab).

Ketika itu di Lobi Ditreskrimum Polda Jawa Tengah, beberapa mantan anak buahnya mengajak Budhi untuk berfoto bersama dengan mereka. Budhi mengiyakan ajakan para mantan anak buahnya di Ditreskrimum tersebut.

Sementara itu, Budhi menegaskan, ketika pihaknya mengungkap suatu perkara pidana tentu harus mengetahui dengan jelas bagaimana konstruksi hukum perkara tersebut.

“Konstruksi hukum itu seperti apa, meliputi unsur-unsur kejahatan dan alat buktinya apa, ketika itu semua terpenuhi ya kita akan proses,” lanjutnya.  

Pihaknya, sebut Budhi, juga akan ambil bagian untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat agar lebih paham dan mengerti tentang Undang-Undang ITE tersebut.

“Walaupun itu saya rasa bukan tugas kita (sosialisasi), tapi kita juga tidak menutup kemungkinan akan sampaikan ke masyarakat. Supaya lebih paham lah,” sebut Budhi.

FOTO RUMPAN.ID/EKA SETIAWAN
Kombes Pol Budhi Haryanto saat diwawancarai, Rabu (17/6/2020) di Mapolda Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Kota Semarang.

Selain itu, berkaitan dengan pandemi Covid-19 ini Budhi menegaskan jika ada kejahatan berkaitan dengan itu yang jadi ranahnya, tentu akan diproses.

“Berita hoaks (misalnya), ketika terbukti ada pidananya pasti kita proses,” tegasnya.  

Kombes Pol Budhi Haryanto dilantik oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Lutfi, pada Rabu siang di Gedung Borobudur Komplek Mapolda Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Kota Semarang. Posisinya menjadi Dirreskrimsus Polda Jawa Tengah sesuai dengan Surat Telegram Kapolri nomor ST/1603/VI/KEP/2020 tertanggal 5 Juni 2020.

Budhi yang sebelumnya menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jawa Tengah menggantikan Kombes Pol R.Y Wihastono Yoga Pranoto. Kombes Yoga sendiri kini menjabat Dirreskrimum Polda Jawa Tengah.

Pada kegiatan sertijab itu juga ada sejumlah pejabat lain yang ikut dilantik. Prosesi sertijab di tengah pandemi Covid-19 ini terlihat tetap mengikuti protokol kesehatan; mulai dari jaga jarak hingga menggunakan masker, selain tentunya sudah membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here