FOTO EKA SETIAWAN
Suasana di Kampung Tambaklorok Kota Semarang, Minggu (4/8/2019) sore, tampak meriah. Kapal-kapal terlihat dipasangi bendera merah putih yang masih baru. Kampung bergeliat menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.


Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tinggal delapan hari lagi. Sejumlah persiapan untuk menyambutnya terjadi di mana-mana. Seantero negeri gegap gempita.

Nggak percaya? Coba aja tengok di kampung-kampung. Umbul-umbul aneka warna dipasang di kanan kiri jalan, lampu-lampu hias kelap-kelip centil, jalan-jalan kampung sampai ada yang dicat warna-warni. Pokoknya meriah dah!

Di kampung nelayan, di Kawasan Tambaklorok Semarang Utara Kota Semarang, juga meriah. Kapal-kapal nelayan dipasangi bendera plastik warnanya merah putih, pokoknya keren.

Belum lagi, seperti biasa lomba-lomba untuk menyambut ulang tahun merdekanya negara ini juga digelar. Ada lomba makan kerupuk, membawa kelereng pakai sendok, jalan santai yang nggak santai-santai banget, lomba catur, lomba nyanyi, lomba sepak bola, lomba futsal, sampai balap karung.

Kalau di kampung, kebanyakan anak-anak kecil yang ikut perlombaan itu. Kalaupun ada yang tua ikutan, ya dibikin lucu. Umpamanya, bapak-bapak pakai daster lomba sepak bola.

Alhasil, tingkah bapak-bapak itu akan jadi lelucon gratis buat penontonnya.

Tentu bapak-bapak yang pakai daster itu tak marah meski ditertawai orang banyak. Lha wong tujuannya memang untuk lucu-lucuan saja. Memeriahkan saja.

Soal menang kalah, itu nomor sekian. Bisa jadi karena hadiahnya yang tak seberapa hehehe.

Pengalaman saya ikut lomba-lomba itu, paling banter hadiahnya gelas enam biji, itupun sponsor produk tertentu. Kadang juga buku tulis yang di dalamnya dikasih pensil, pulpen plus penghapus. Terus dikado bentuk tabung (kertas kadonya biasanya warna cokelat) yang ujungnya dihias rumbai-rumbai. Khas banget dah kalau kado begitu pasti isinya buku.

Anak-anak pasti riang gembira ikut lomba-lomba itu. Ditambah lagi biasanya ada yang nangis pula. Sementara para orang tuanya menyemangati masing-masing buah hatinya biar semangat berlomba.

Momen ini terasa menyejukkan. Ketika semua warga berkumpul demi Indonesia raya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here