FOTO-FOTO RUMPAN.ID/EKA SETIAWAN 
Seorang pekerja di Stasiun Gambir terlihat tengah memijat kepala rekannya sesama pekerja di peron Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, Kamis (28/2/2019) selepas Subuh. Hidup di Indonesia, banyak hal yang bisa dilakukan untuk saling tolong, walau sekecil apapun bentuknya. Pancasila mengajarkan kehidupan yang seperti itu.
 

Mahkota Monumen Nasional atau Monas atau Tugu Monas terlihat menyala, Kamis (28/2/2019) selepas Subuh. Monumen yang mulai dibangun di bawah perintah Presiden Sukarno pada 17 Agustus 1961 itu adalah penanda sekaligus peringatan mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda. Semangat perjuangan yang terpatri di sana harus terus dilanjutkan generasi penerus bangsa ini sampai kapanpun.
Pekerja di Stasiun Gambir (berompi oranye) terlihat di peron Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019) selepas Subuh. Aparatur pemerintah wajib melindungi hak-hak pekerja apapun statusnya, baik petinggi maupun pekerja rendahan. Melindungi hak pekerja adalah amanat Pancasila.
Masjid Istiqlal terlihat di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019). Masjid terbesar di Asia Tenggara ini adalah salah satu kebanggaan Indonesia. Pembangunannya dimulai di bawah pengawasan Presiden Sukarno dan diresmikan pada Februari 1978 oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto. Istiqlal adalah simbol Indonesia di mata dunia, sebagai bangsa yang merdeka. Sesuai namanya Istiqlal atau Al-Istiqlal yang berasal dari bahasa Arab berarti merdeka atau kemerdekaan. Lokasi masjid yang berdekatan dengan Gereja Katedral Jakarta itu juga atas usul Presiden Sukarno, sebagai simbolisasi kerukunan antarumat beragama di Indonesia. Saling menghormati antarumat beragama adalah salah satu wujud pengamalan Pancasila.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here