Sumber Foto: Humas Polres Blora
Mobil pikap pengangkut bambu di amankan oleh petugas Satlantas Polres Blora di Jalan Raya Gunandar (2/9/2019)

BLORA –  Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blora melakukan penindakan tegas terhadap sebuah kendaraan roda empat jenis pikap pengangkut bambu yang melanggar kelebihan muatan. Kejadian ini terjadi di Jalan Gunandar Kabupaten Blora, saat polres setempat menggelar giat Operasi Patuh Candi 2019, Senin (2/09/2019) pagi.

Peristiwa ini bermula saat petugas melakukan razia di Jalan Raya Gunandar, tiba-tiba mobil pikap melintas dengan mengangkut bambu yang berlebihan. Tinggi muatannya mencapai 3 meter dan panjangnya sekitar 7 meter sehingga melebihi panjang kendaraan.

“Karena dirasa menganggu pengguna jalan yang lain dan minimnya pengamanan standar, maka oleh petugas kami dilakukan penindakan berupa penilangan terhadap mobil tersebut,” ungkap Kasat Lantas Polres Blora AKP Edi Sutrisno saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon dengan rumpan.id Senin siang.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, sebenarnya pikap mengangkut bambu itu diperbolehkan dengan batas maksimal panjang bambu 1 meter dari panjang kendaraan dan juga harus disertai rambu berupa segitiga pengaman supaya tidak menganggu pengguna jalan lainnya.

Masih disampaikan oleh Edi bahwa penindakan ini akan dilakukan secara rutin, demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang nyaman dan berkeselamatan bagi masyarakat di wilayah hukum Polres Blora.

Sementara itu, 5 hari pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2019 pihaknya mengklaim sudah menindak sebanyak 350 pelanggaran lalu lintas, didominasi kelalaian mengenakan sabuk pengaman , tidak menggunakan helm, pengendara sepeda motor yang masih di bawah umur dan pengendara tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM).

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya di wilayah Blora untuk lebih meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas, agar dapat menekan angka kecelakaan yang terjadi di wilayah ini,” pungkasnya. (erna virnia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here