FOTO: AJIE MAHENDRA
Kemeriahan ribuan buruh saat memeriahkan May Day di Kabupaten Purbalingga, Rabu (1/5/2019).

PURBALINGGA – May Day tak melulu diperingati dengan aksi demo. Di Purbalingga Jawa Tengah, peringatan Hari Buruh Internasional ini digelar dengan pesta. Pihak pengusaha yang selama ini dibantu buruh, membagikan sekitar 700 hadiah berupa alat-alat rumah tangga. Bahkan disediakan tiga sepeda motor.

Perayaan May Day dimeriahkan di pelataran Objek Wisata Aor Bojongsari (Owabong), Purbalingga, Rabu (1/5/2019). Ribuan buruh tumplek blek di sana. Beberapa perwakilan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Purbalingga juga tampak di kerumunan itu.

Kegiatan diawali dengan senam bersama, bagi-bagi hadiah, kemudian jalan sehat. Setelah itu kembali membagikan hadiah berupa doorprize dengan hadiah utama tiga unit sepeda motor.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng, Wika Bintang, hadir untuk ikut merayakannya.

“Tadi malam, ada sarasehan tripartit di sini. Buruh, pengusaha, dan pihak pemerintah ngobrol bareng. Pengusaha juga menyiapkan puluhan hadiah untuk buruh. Ada sepeda juga,” terang Wika Bintang.

Dia pun mengapresiasi pengusaha yang mau memberikan perhatian lebih kepada buruh. “Di May Day ini, buruh diberi subsidi tiket wisata air Owabong,” imbuhnya.

Menurutnya, jika hubungan antara pengusaha dan buruh bisa kondusif, bukan tidak mungkin Jateng makin dilirik investor. Kalau investor banyak membuka industri, artinya lapangan kerja akan bertambah. Angka pengangguran pun terpangkas.

“Sudah selayaknya pengusaha dan buruh akur. Karena hubungan mereka tidak semata atasan dan bawahan. Harus ada rasa saling membutuhkan antara pekerja dan pengusaha. Pengusaha jangan semena-mena dengan pekerja,” ucapnya.

Rencananya, tahun depan, Pemprov Jateng berjanji akan mengemas May Day lebih meriah. Yakni dengan mengadakan lomba seperti Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang diikuti pengusaha dan buruh.

“Nanti ada lima. Futsal, bulutangkis, voli, karoake dan jalan sehat. Di setiap kabupaten/kota menyelenggarakan, nanti difinalkan saat May Day,” terangnya. (ajie mahendra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here