DOKUMENTASI RUMPAN.ID / FOTO HUMAS POLDA JATENG
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kapok Sahli Pangdam IV Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono, serta PJU Polda Jawa Tengah melakukan panen raya di Desa Rajek Kec. Godong Kab Grobogan, Senin (13/7/20).

GROBOGAN – Polda Jawa Tengah kembali melaksanakan panen raya dan penebaran benih ikan. Kali ini dilakukan di Ds Rajek Kec Godong Kab Grobogan, Senin (13/7).

Sebelumnya, Polda Jateng sukses dengan budidaya berbagai jenis ikan dan panen raya dengan jumlah total mencapai 5,4 ton.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kapok Sahli Pangdam IV Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono, serta PJU Polda Jawa Tengah.

Hal itu dilalukan polda untuk percepatan ekonomi nasional dan pertahanan pangan dalam menghadapi pandemi corona di wilayah Jajaran Polda Jawa Tengah.

Tujuan kegiatan ini sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo pada saat Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang dijabarkan dalam Perintah Kapolri.

“Hari ini saya dengan Pangdam telah melaksanakan kegiatan panen raya di Grobogan yang mencapai 265 hektar, disamping itu kami juga melakukan Instruksi Bapak Kapolri yaitu program ketahanan pangan seperti  yang baru tadi kita lakukan,” ungkap Kapolda.

Kegiatan tersebut juga disertai pemberian bantuan berupa benih padi dan jagung kepada masyarakat petani setempat. Bantuan diterima perwakilan dari Kelompok Tani Manunggal Ds Anggaswangi Kec Godong sebanyak 94,7 ton.

Kemudian perwakilan dari Kelompok Tani Rukun Santoso Ds Gunung Tumpeng Kc Karangrayung. Bantuan benih jagung yang diterima sebanyak 267,5 ton

Selain itu, perwakilan kelompok Tani Makmur Ds Tegalrejo Kec Wirosariada, yang menerima bantuan satu unit Combain Harvester.

Selanjutnya bantuan tiga unit UPPO yang diserahkan kepada perwakilan Kelompok Tani Sido Muncul Ds Kandangan Kec Purwodadi.

Selain memberi bantuan berupa benih dan alat-alat pertanian, Polda Jawa Tengah juga melakukan tabur benih ikan sebanyak 30.000 ekor terdiri dari ikan lele, nila dan emas di Kali Mati Bendung Kletak Ds Penganteng Kec Klambu Kab Grobogan.

“Saya atas nama Kapolda jawa tengah dan Pangdam IV Diponegoro mengucapkan selamat bahwa panen raya ini adalah momentum yang luar biasa,” jelasnya.

Sementara itu, jumlah padi yang di panen selama Juli di Kabupaten Grobogan mencapai 24.000 hektar. Adapun pada 2019 lalu mencapai 136.209  hektar dengan 772.521 ton gabah kering giling.

“Dengan ini membuat Kabupaten Grobogan menjadi kabupaten penghasil beras terbesar  di Jawa Tengah dan menjadi salah satu dari 10 kabupaten penghasil beras terbesar se Indonesia,” kata Bupati Grobogan, Sri Sumarni.

Pada tahun ini jumlah panen padi akan ditingkatkan menjadi 137.550 hektar dengan 781.870 ton gabah giling kering. Kabupaten Grobogsn dikenal juga sebagai sentra jagung dan kedelai termasuk juga kacang hijau tingkat nasional.

“Ucapan terimaksaih kepada bapak kapolda dan bapak pangdam atas kerja sama yang selama ini kita bangun, terbukti telah dapat menjaga stabilitas harga dan stok pangan” lanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here