FOTO DOKUMENTASI RUTAN KELAS IIB BATANG
Sejumlah pegawai dan warga binaan Rutan Kelas IIB Batang mengikuti pengajian online di rutan setempat, Jumat (9/8/2019).

BATANG – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Batang mengadakan pengajian online. Selain para pegawai setempat, kegiatan ini juga diikuti para warga binaan pemasyarakatan (WBP) rutan setempat.  

Kepala Rutan Kelas IIB Batang, Yusuf Gunawan, menyebut kegiatan itu selain jadi siraman rohani bagi pegawai dan warga binaannya, juga sengaja digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Acaranya mulai pukul 09.00 WIB,” ungkap Yusuf kepada rumpan.id, Jumat (9/8/2019).

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat itu juga dilakukan sebagai rangkaian kegiatan peresmian Rumah Ibadah di Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Ilmu Imigrasi (Poltekim) Rutan Kelas IIB Batang.  

Kegiatan itu diawali dengan sambutan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sri Puguh Budi Utami, sementara pengajian diisi oleh Prof. Dr. K.H. Said Aqiel Siradj yang merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Semuanya dilakukan menggunakan layar yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Pengajian itu diikuti para pegawai maupun warga binaan yang Muslim. Yusuf menyebut kegiatan rohani tidak hanya digelar kepada mereka yang Muslim saja, tapi pemeluk agama lain juga difasilitasi untuk beribadah maupun berkegiatan sesuai keyakinan yang dianutnya.

Sementara itu, Advokat Rumah Pancasila dan Klinik Hukum, Sigit Wibowo, sangat mengapresiasi kegiatan seperti itu.

“Baguslah, positif dan sangat cocok sebagai lembaga pembinaan,” ungkap Sigit, Jumat malam via WhatsApp (WA).

Lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu berargumen, warga binaan adalah orang-orang yang sakit intelektual. Sehingga, pembinaan yang dilakukan selain mencakup intelektualnya juga harus dilakukan pembinaan akhlak dan moral.

“Kegiatan seperti ini tentunya sesuai dengan amanat dan nilai-nilai Pancasila. Jadi dengan pengajian ini mereka akan lebih mengenal Tuhan,” tutupnya. (sutrisno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here