Foto: Dokumentasi GMP-HAM
Perwakilan dari GMP-HAM Bandung ketika memberikan bantuan kepada nenek Rukiyah di RT05/RW02, Desa Sukapura, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Kamis (16/5/2019). Bantuan itu juga merupakan titipan dari Rumah Pancasila dan Klinik Hukum di Semarang.

BANDUNG – Lembaga Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (LPPH) Rumah Pancasila dan Klinik Hukum di Kota Semarang memberikan bantuan kepada nenek Rukiyah. Nenek Rukiyah sebatangkara merawat cucunya bernama Ina Herlina yang lumpuh dan tak bisa berkomunikasi sejak lahir.

Bantuan itu disalurkan melalui organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Militan Penegak Hak Asasi Manusia (GMP-HAM) yang berada di sana. Bantuan disalurkan langsung oleh Ketua Umum GMP-HAM, Natar.J.F.Ompusunggu.

Pendiri Rumah Pancasila dan Klinik Hukum, Yosep Parera, menyebut bantuan sengaja diberikan sebagai wujud gotong royong membantu mereka yang membutuhkan.

“Kami ikut urunan dan kirim uang ke dia (GMP-HAM). Mereka itu banyak meluangkan waktu, pikiran dan tenaga untuk orang-orang tersingkirkan di daerah Jawa Barat, jadi kami tertarik untuk bekerjasama,” kata Yosep Parera.

Pihak LPPH Rumah Pancasila dan Klinik Hukum, sebut Yosep, berterimakasih kepada GMP-HAM, selaku sahabat Rumah Pancasila yang bersedia membantu dalam menyalurkan bantuan langsung kepada warga di Jawa Barat tersebut.

Informasi yang dihimpun, sejak tahun 1999 nenek Rukiyah seorang diri merawat cucunya itu di sebuah gubuk yang berlokasi di RT05/RW02, Desa Sukapura, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Gubuk tersebut milik seorang warga bernama Dedi.

Gubuk yang dihuni nenek Rukiyah dan cucunya, sangat sempit. Hanya berukuran 2×2 meter persegi. Nenek Rukiyah telah merawat cucunya selama 20 tahun terakhir.

Ketua Umum GMP-HAM, Natar.J.F.Ompusunggu, mengatakan bantuan itu sudah diserahkan pada nenek Rukiyah pada Kamis (16/5/2019).

“Kami menyampaikan titipan dari Rumah Pancasila dan Klinik Hukum untuk ibu Rukiyah. Terimakasih kepada sahabat saya, Rumah Pancasila dan Klinik Hukum, khususnya kepada pimpinan Bapak Yosep Parera,” kata Natar dalam video yang dikirimkan ke Rumah Pancasila dan Klinik Hukum. (eka setiawan)

FOTO DOKUMENTASI GMP-HAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here