FOTO-FOTO RUMPAN.ID/NANDA KOHAR

NANDA KOHAR

Kota Semarang

Di Indonesia, setiap tanggal 16 Agustus malam ada tradisi menggelar tirakatan. Istilahnya malam tirakatan sebagai rasa syukur atas nikmat kemerdekaan.

Tradisi sebagai bentuk rasa syukur itu juga digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Seperti yang dilakukan warga RT07/RW08, Kelurahan Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Jumat malam tadi, mereka menggelar malam tirakatan. Gang-gang di kampung beberapa di antaranya ditutup, arus lalu lintas dialihkan ke beberapa gang lain. Sebab, malam tirakatan digelar di jalan kampung.  

Ketua RT setempat, Eka Sutama, menyebut malam tirakatan juga diramaikan dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. Lomba-lomba yang dimaksud, memang sengaja digelar warga beberapa hari sebelumnya, juga dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

“Untuk anak-anak seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba masukkan pulpen ke botol. Ada juga lomba ibu-ibu seperti lomba mengisi balon dengan air, lomba memasak dan sebagainya,” ujar Eka Sutama.  

Dia berargumen, usia 74 tahun kemerdekaan negara Indonesia adalah usia sudah sangat matang. Sebab itu, dia mengajak masyarakat luas untuk meneladani semangat para pahlawan yang telah berjuang memerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  

“Para pahlawan telah berjuang dan membesarkan negara kita ini, seperti Bung Karno, Bung Hatta, Bung Tomo, Jenderal Sudirman dan juga pahlawan wanita seperti R.A Kartini, Cut Nyak Dien, Cut Nyak Meutia dan semua pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan negara kita tercinta ini,” lanjutnya. 

Pada malam tirakatan itu, terlihat warga begitu antusias menikmatinya. Meskipun acara dikemas sederhana.

Mereka bersama-sama duduk bersila, beralaskan tikar. Di tengah-tengah mereka disediakan tumpeng dan jajan pasar yang dimasak bersama-sama oleh para ibu di kampung itu.

Dirgahayu Negara Indonesiaku Tercinta!  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here